Thursday, June 30, 2005

blackout, watchout!

Gw udah hampir 3 taun tinggal di Melbourne.
Dan biasanya, hidup gw bener2 basi. Basi dalam artian, siklus hidup disini tuh ketebak banget. Selain karena negaranya udah maju, jadi praktis orang2 udah settle semua (hence they have a VERY stable life). Gini nih siklusnya: Pagi kerja (most likely kerjanya di city) sampe sore, trus sore pulang ke rumah masing2 yang rata2 di suburb, naik public transport. Toko tutup jam 5, begitupun kafe2. ada sih yang buka sampe malem, tapi bisa diitung jari, paling cuma supermarket, fast food restaurants, gitu2 dah. Udara yang berganti2 seenaknya pun penyebab hidup orang2 disini tambah teratur. Bener2 gak ada nongkrong2 kaya yuppies2 di Jakarta (pulang kerja happy hour dululah, blegh sok asik sok keren sok gaul).

As you know, udara Melben itu rajanya unpredicted. Bisa aja gitu pagi dingin, siang panas bedenting n you wish that it rains, dan sorenya.. beneran ujan! Do not wish upon Melbourne weather, I warn you. Bisa jadi kejadian, dan itu gak enak banget. Apalagi winter gini ni, wah itu pagi dinginnya amit2, siangnya matahari mentereng gitu, tapi kita tetep harus pake syal karena anginnya dingin banget. Nah, this explains why Melbournins have, a pretty much, boring life. Karena itu tadi, cuacanya aja gak memungkinkan buat jalan2 seenak jidat huhu.

Dan gw yang terhitung anak baru di Melben pun mau gak mau ketularan sama gaya hidupnya, malah lebih membosankan. Pagi bangun, beres2 rumah, kalo ada kuliah ya kuliah, kalo lagi enggak ya di rumah. Kegiatan luar rumah cuma ngegym, nonton, makan, dan gitu2 dah. M e m b o s a n k a n.

Tapi hari ini, untuk pertama kalinya dalam hidup gw, hidup gw tak lagi bosan. Pas gw lagi menikmati kegiatan malam hari (apalagi kalo bukan berakrab2 dengan dunia maya), diajarin apa itu RSS dan kawan2nya oleh bapak ini, tiba2.. ctek! MATI LAMPU.
Gila men, Melben, yang kabarnya negara maju, yang semua roda kehidupan berjalan dengan aman nyaman tentram bahagia, yang gw pikir gak bakalan mati lampu, ternyata bisa juga mati lampu! Langsung gw keluar kamar, gelap gulitaaaa.. semua mati. Rumah gua, tetangga2 gw, satu gedung! Dan selidik punya selidik, ternyata satu kompleks itu mati semua, alias sekitar 5 gedung apartment berlantai 11-15. Bayangin aja gelapnya kaya gimana tu. Dan gw keluar corridor yang ternyata masih nyala lampunya (lampu minimalis banget), dan gw ngedenger suara2 dari dalem lift. Alias ada orang yang kejebak di dalamnya. Kasian, untung gak sendiri tu orang2.. huhuhu.. semoga mereka baik2 ajah.

Dan lucunya, bule2 pada panik. At least that's what I noticed from my opposite neighbor. Kayanya dia ngedenger gw keluar rumah, jadi dia juga langsung keluar, dan mukanya panik, langsung bawa HP mau nelfon security saat itu juga, asking what happened. Dan dia bilang dia lagi nonton TV documenter gitu, judulnya "Seconds from Disaster", dan tiba2 lampunya mati. So she thought she was seconds from disaster. Huehueh kebanyakan nonton tispi tu cewe :P

Jadi inget mati lampu di Jakarta. I think all Jakartans are used to the fact that the blackout is bound to happen anytime. Di rumah gw malah kalo mati lampu, semuanya pada ngumpul di teras (karena kepanasan AC pada mati), dan udah siap2 dengan koran buat ngusirin nyamuk huheuheu.. Kadang2 jadi lebih enak mati lampu, karena semua keluarga pada ngumpul ngobrol2 becanda2. Biasanya pada di kamar aja gitu dengan kegiatannya masing2.

Nah kalo di sini, reaksi gw n si hosmet mah santai2 panik gitu. Panik mikirin air, gas dan other utilities nyala apa enggak, sampe kapan ini bakal kaya gini, dan lain2. Kepikiran sih to evacuate out of the building, tapi males banget turun pake emergency exit. Apartment gw lantai 10 bok, kurus aja guah, semua lemak jadi otot dan larinya cuma ke betis huhuhu.. Paling si hosmet ajah itu yang ngomel2 karena she does not like darkness (well sapa juga yang doyan, ya gak?).

Tapi ternyata, Tuhan gak ngijinin gw punya hidup seru di Melbourne. Gak sampe setengah jam kemudian, lampunya nyala lagi, dan semua kehidupan berjalan lancar kembali hohoho.. Alhamdulillah. Dan gw n si hosmet, jadi sadar akan satu hal: kita gak punya alat2 untuk menanggulangi mati lampu, yaitu senter atau lilin. Should we buy ones or should we not?

Lumayan, hiburan malem hari biar hidup lebih berwarna =D

No comments: