Tuesday, June 21, 2005

sihir cinta: sebuah review amatiran

*aiiih matilah judulnya. ehehehe.. :P*

Image hosted by Photobucket.com


Anyways, gw baru baca buku neh, dan dengan gampang ditebaknya, bukunya berjudul... Sihir Cinta, karangan Miranda. Agak telat memang, secara bukunya udah terbit dari beberapa waktu lalu (lupa tepatnya hehe).
Denger-denger dari milis PSTC sih, buku ini lumayan dapet review yang bagus-bagus dari para penulis-penulis canggih jagad tanah air. Not to forget that she’s being recommended by Ayu Utami, sang jagoan saya yang nulis dwilogi Saman dan Larung. And she doesn’t recommend people that many, so once she did it, I think she really meant it. And to complete the success story, buku ini bakal diangkat ke layar lebar, kalo gak salah lagi proses pro-production.

Cobain aja di sini buat lebih lengkapnya.

Anyway, talking about the book now. I am not going to write about the synopsis and retailing the entire story from start until end. Intinya sih masih sama, tentang cinta anak muda. Jagoannya (or moreover, tokoh utamanya) perempuan, masih berumur 20-an, kalangan biasa, gak kaya tapi gak miskin kurang makan, gaya hidup standar, kuliah, seneng2, ngerokok, dan segala macam tipikal anak muda lainnya. Bedanya, dia bisa ngeramal. Atau kurang tepat disebut ‘ngeramal’, karena dia gak bisa ngeramal memakai tarot atau garis tangan. Vision yang dia dapat juga mau2nya gitu, kadang dateng kadang enggak, kadang jelas kadang kabur.

Buat gw, tema bisa ngeramal ini yang jadi kekuatan utama buku ini. Temanya ringan, tapi menarik banget. Like it or not, realized or not, tema ramal2an, nujum2an, itu selalu ada di every day life kita. Apalagi kita masyarakat yang menganut system make belief, alias percaya sama sugesti2. liat aja rubrik astrologi di majalah2, mau jenis apapun majalahnya, pasti ada rubrik astrologi. Mungkin Cuma Trubus aja kali ya, yang gak ada astrologinya. Bukannya apa2, masa tanaman punya shio? Pusing kalingga ? hehehe

Secondly, yang bikin menarik lainnya adalah gaya berceritanya. Gak mumet, gak dibikin sok2 cerdas, dan kalo ngikutin istilahnya Adhitya si empunya milis PSTC dan juga penulis Jomblo dan Gege Mengejar Cinta, gak ngejual mimpi. Liat aja tipikal anak mahasiswanya, dan segala macem detail gaya hidup. Gaya bercerita juga gak dibuat2 biar pinter, ataupun biar sok asik.
Tapi walaupun gini, tetep gak ninggalin pembaca untuk beremosi. Gw inget gw jijai sendiri pas gw ngebayangin adegan Hotel Bibis. Ieww yang ada di pikiran itu, si pak Reza itu adalah tipikal om2 berhidung belang, rela mengeluarkan duit berapapun demi si jagoan kita di buku ini, doyan berkata2 gombal, berkepala hampir botak, jijai bajai deh pokoknya. Huhuhu T_T

Tiga, banyak bagian2 uniknya. Ya kucing bisa ngomonglah (walaupun gw agak2 bertanya2, kenapa namanya musti Nimbus?), ya iconnya yang lucu2lah, kumplit dah.
Satu lagi yang bikin gw suka banget sama buku ini: endingnya. Gak ada matinya. Ketebak dengan cara yang gak ketebak. Buat gw, by far this is the best ending yang gw temuin di novel2 ringan Indonesia. Buat novel2 ringan kategori penghilang stress di kala exam lo..

Overall, Sihir Cinta pas banget buat hiburan. Bener2 bacaan hiburan. Contohnya gw, baca buku ini during exam, lumayan banget buat jadi bahan hiburan di sela2 belajar tentang teori internet dan new media dan tetek bengeknya. Wew, I just realized that I repeated too many the word “hiburan”. Tapi beneran, seru buat hiburan! *so there, I said that again*

With Sihir Cinta, you don’t read this book expecting sumtin ‘big’. But still, this book is being somewhat extraordinaire on its own. Saya sukaaa saya sukaaaa!

Eh tapi ada satu pertanyaan mengganjal, kenapa si jagoan lelaki musti bernama Ary Sutaaa? My goodness, gw Cuma nginget si Reza sang penyanyi dan kasusnya dulu itu bersama lelaki bernama sama. Dan bayangan tentang om2 berhidung belang kaya raya, pun kembali terlintas. Goodness!

No comments: