Tuesday, July 12, 2005

ibuku, si pahlawan pembela kebenaran

Hampir sebulan yang lalu, ibu gw dateng dari Jakarta, nemenin gw di liburan semesteran di Melbourne gara2 liburan kali ini gw gak sempet pulang ke Jakarta (salah satu karenanya, gara2 gak punya duit uhuiks T_T)

Pertama gw excited banget sama si kedatangan ibunda inih, karena selama gw hampir tiga tahun di Melbourne, ibu gw sama sekali gak pernah ngunjungin gw dengan berbagai macam alasan, tapi yang paling valid si alasan yah-gwnya-juga-sih-balik-ke-Jakarta-mulu *hehe*

Tapi inget kan, postingan tentang si anak kurang ajar alias gua, yang bilang kalo gw gak biasa gak diatur2? Well, gw sih tetep gua, tetep gak bisa diatur2, tapi let's just say that I have given authority to my mom, to have authority of me. Authorization of authority intinya (halah puyeng).

Banyak hal2 yang selama gw disini, gak sempet gw perhatiin kalo gw di Jakarta. Mungkin karena disini, gw bener2 deket kali ya sama ibu gw, tidur setempat tidur, pergi kemana2 pasti bareng (doi dan ketakutannya doi akan salah jalan alias nyasar kalo jalan sendiri walhasil kemana2 pasti ngekor gua). Kalopun gw pergi sama temen2 gw, pasti ibu gw ikut, atau kalopun enggak, gw gak berani ninggalin ibu gw sendirian di rumah kelamaan, takut ada apa2.

Dan sekarang, berdasarkan research gua selama hampir sebulan ini *tsah, research*, gw sadar kalo.. ibu gw itu orang yang teramat kuat. Bener2 kuat dalam artian physically dan non-physically, termasuk religiously.

Sepintas, ibu gw itu orangnya kalem, dan mau aja 'ditekan' sama orang, dihujatlah kasarnya. Dari jaman gw kecil, gw sering banget ngliat ibu gw disakiti orang, secara langsung ataupun enggak, dan ibu gw paling cuma senyum2, dan santai banget gitu. Gw waktu kecil bingung, beranjak remajaan dikit, ketika hasrat ngamuk2 lagi tinggi, hormon doyan bertengkar lagi jaya2nya, bawaannya mau narik urat mulu, kesel banget sama sifat ibu gue ini. Gw sempet nganggepnya ibu gw somewhat pengecut.

Tapi setelah gw gede gini (gak dewasa loh, cuma gede badan ajah), gw ngobrol2 sama dia, biasalah tentang apa aja.. akhirnya sampailah ke bagian kenapa-si-mama-kalo-sama-orang-jarang-banget-emosian.
Tau apa jawapnya?

"Yah, santai ajalah, sebenernya kan konsep give and take gitu konsep orang bule (with general assumption bahwa orang bule itu gak beragama, uhueheuhuhu tega). Kalo beneran orang beragama, gak ada tuh faham yang kaya gitu. Yakin aja kalo kita baik sama orang, Tuhan yang bakalan bales, dan sebaliknya, kalo kita jahat sama orang, bukan kita yang menang terhadap orang itu, tapi ya kitanya juga yang dosa ke Tuhan.
Coba kalo kamu pake persepsi orang Barat2 itu, dia berbuat baik dan segala macem itu karena dia ingin diperlakukan baik oleh orang tersebut, I treat people the way I want to be treated. Nah, coba kalo orangnya jahat, gak jadi give and take kan? Jadi kecewa kan, jadi dendam. Hilang sudah pahala kamu sebelumnya yang berbuat baik itu."

BANG, gw berasa disamber geledek.
BENER BANGET, apa yang beliau bilang.

No wonder ibu santai aja kalo gw judesin, no wonder dia santai aja waktu orang2 serumah bilang ibu terlalu baik, bilang ibu terlalu lembek, dan lain2 huhuhu.. juara dah si ibu memang =)

Itu kalo dari segi non-fisik.

Kalo dari segi fisik? Bedeh, umur hampir 55, masih sanggup jalan sejauh2 apapun, naik turun tram dan tangga keliling Melbourne. Gw aja yang muda kadang2 kalah. Syaratnya satu: bawa coklat. She can't live without chocholate. A lot of.

And oh, satu lagi. Ternyata, si ibu yang selama ini selalu dicela2 sama anak2nya karena gak bisa masak, ternyata jago. Bukan sekedar bisa, tapi jago. You name it, kalio udang? Gulai daging? Ikan dimasak apa aja? Gw udah dimasakin selama doi disini. Komennya, "Lah, mama kan udah bilang mama GAK SUKA masak, bukan GAK BISA. Beda kan?"
Lagi2 gw kalah debat hueheuhue..

Dan selama ada beliau, rumah jadi bersih dan wangi. Gimana enggak, doi alergi debu, walhasil gw musti vacuum rumah 3 hari sekali. TIGA HARI SEKALI. Lo tanya orang2 seantereo Melbourne, jitak kepala gua kalo ada yang sesering ini nyedot rumah. Gw coba tawar jadi seminggu sekali (encok juga men 3 hari sekali nyedot), si ibu langsung batuk2 dan bersin2 sepanjang waktu. Jadi ngerasa dosa hehehe..

Shit, she'll be leaving for Jakarta next Thursday. I'm gonna miss her a lot.

PS: heaps of photos coming up later. *lagi males upload* ;)

No comments: