Thursday, December 16, 2004

[brownies: spoiler alert]

hati2 kalo gak suka spoiler alert, cuz this is all about it.

brownies.. [kayanya si] sebuah film drama romantis standar tipikal hollywood, tentunya dengan sentuhan2-sok-nyeni ala film indonesia yang masih dalam kondisi euforia akan kebangkitannya itu. ceritanya simple banget, dan tentunya super ketebak.

alkisah ada cewe cantik, body ok, super pinter, dateng dari keluarga baik2 yang single parent, yang udah punya tunangan, yang punya masa depan gemilang. pokoknya gambaran seorang perempuan yang sangat perfect untuk ukuran jaman sekarang (sayangnya diperankan oleh tokoh yang gak pas menurut guah. marcella sumtin2 yang mainin si cewe ini ni). ya intinya film ini nyritain tentang dia dan hidupnya, yang ternyata gak sesempurna gambaran awal. kenapa dia gak sesempurna itu? disinilah, drama tipikal hollywood masuk. yes, dia gak beruntung dalam soal cinta. dan lagi2 masih formula standar hollywood itu, ditengah kegamangannya dalam soal cinta itu, datanglah cowo baru dalam hidupnya. yang bertolak belakang dengan gaya hidupnya dia, dengan gambaran fisik ideal lawan jenisnya. yang suka berfilsafat, suka baca2 marx dan kapitalisme, yang... gak dia banget.
film tentang perjalanan cinta satu cewe dalam memilih cintanya di antara 2 laki yang sangat bertolak belakang, dengan latar belakang.. brownies.

what's NOT right with this movie?
-OK, alurnya gak jelas gitu, pertama gw anggep kecepetan, apalagi adegannya banyak yang lompat2 gitu, pokoknya 20 menit pertama nonton film ini, lumayan bikin bertanya2: kok cepet amat ya ni film? TAPI oh TAPI, mulai pertengahan film, mulai melamban, dan tetep melamban sampe akhir. sayang banget, udahlah ceritanya ketebak, temanya standar, eh alurnya melamban. yang ada gw pas nonton malah ngedengerin mp3 deh di hp, pake sambil ngobrol2 sama sodara guah.

-browniesnya kurang berfilsafat. kurang nyambung gitu sama tema filmnya. "biarkan brownies itu memilih rasanya" (or sumtin like that), apa coba? bisa aja dipake sama makanan2 lain kan? sodara gw sampe bilang gini, napah lagi brownies? napah lagi gak yang lain? hehehe terbukti kan, brownies gak segitunya bisa nyangkut di kepala penonton, buat jadi latar belakang film ini. i'm imagining they gonna make the sequel, with: black forest, or tiramisu.

-dialog2nya terlalu sok cerdas. kenapa si rata2 semua film indonesia hari gini suka sok2 berfilsafat? ada marx dengan kapitalisme-nya lah, tommy f. ayuw-lah, sapardi djoko damono-lah, dan macem2 bacaan yang rata2 gw gak ngerti. beheheh ini apa gwnya aja yang terlalu bego yah?
again, im ok with that kinda dialogue, as long as it fits with the context! blah.

-gak ada chemistry antara pemeran utama. itu paling naas buat gw. namanya film romantis, ya harusnya doong, enak diliat dua2nya, ini datar aja gituh. mending gw ngliat cinta-rangga, atau sekalian si pasangan gay di arisan.

-gak tau kenapa, pas liat posternya, yang ada di kepala gw, ih kok mirip [film] chocolat banget ya? trus pas liat adegan yang ada berlian2nya, yang ada di kepala gw adalah: ih, kok kaya how to lose a guy in 10 days yah? dan banyak kemiripan2 dengan film2 lainnya. it's just not right.

ok, enuf buat ngehina2nya. hell gw harusnya muji2, karena gw gak bisa bikin yang kaya gitu2.. tapi sebagai penikmat film, dan demi kemajuan fim indonesia (ini apa sih?), boleh kan mengkritik membangun? hehehe =)

sejelek2nya film, pasti ada bagian yang keren. ok. here's here:
- bajunya si tokoh marcella keren2. (apa emang karena badannya yah? hohoho iri ini mah namanya)
- gw suka aktingnya si sahabatnya marcella di film itu. aktingnya keren, badannya ok, dan natural aja semuanya. si suaminya juga ngebantu banget.
- nonton film itu gw jadi laper. wahai restoran2 di sekitar bioskop, bersyukurlah kalian atas adanya film ini. asli keluar nonton film ini pasti pingin makan. gimana enggak, kalo di film ini banyak makanannya hieheiheie.
- ada buku gallery of kisses di film ini. dan yang di-quote cerpennya bapak sapardi idola sayah! keren keren keren. hehehe

aduh, ini review kok jadi super subjektif gini ya?

anyway, setelah di jakarta kurang lebih 2 minggu, gw mulai terbiasa lagi dengan panasnya. macetnya si belom, masih mo gila hehe. dan ada yang berubah sama diri guah. dulu gw paling jijai nonton infotainment. sekarang? gw tongkrongin! hiahiahia enak juga ngliat berita2 gak penting, seperti:
1. reza di culik! wah ini lagi breaking news banget nih. keren dah.
2. ulfa dwiyanthi lagi mo usaha punya anak, sampe berobat ke singapura.
3. acaranya indy barends jadi acara nomer 2 terfavorit se-trans tv. hidup ceriwis! gw hobi banget dah sama perempuan inih.

tapi ada yang perlu dicatat, kegemaran akan infotainment ini masih dalam tahap denial, dalam artian gw masih sok2 gak nonton gitu, alias sambil nelfonlah, sambil internetanlah, atau sambil makan. tapi jangan salah, ask me every single detail, and i'll answer it correctly. hiahiahiah gilak.

hmm cape juga nulis gak penting. have a nice day everyone!

No comments: