Thursday, February 28, 2008

L O V E the review

Bok. Gw nonton LOVE sama si partner. Awalnya, gw agak apatis terhadap film ini. Pertama karena pemain-pemain utamanya yang udah terlalu sering gw liat di layar lebar. Sebagian malahan main proyek2 yang terlalu komersil yang gak mengedepankan mutu cerita. Kedua karena logo XL sebagai sponsor utama memakan tempat terlalu besar di posternya, belom2 gw udah takut kalo film ini adalah film dengan mutu sekelas sinetron dan hanya memunculkan logo XL lagi dan lagi.

Untung si partner ngotot. Hampir gak nurut karena gw masih trauma sama si partner yang pernah gagal ngajakin gw nonton Kawin Kontrak *film SOK komedi yang sangat amoral itu, mengutip rumahfilm.org*

Dan ternyata, gw gak nyesel sama sekali nonton film ini. Butuh bukti? Here goes:

The casts are all famous and quality proven. So here are the casts: Wulan Guritno, Surya Saputra, Sophan Sophiaan, Widyawati, Acha-Irwansyah, Luna Maya, Darius, Fauzi Baadillah (eh gimana sih nulisnya), Laudya Chintia Bella (duh gimana juga sih nulisnya ini anak ABG susah2 namanya), Gading Marten, Aryo Wahab, dan lain lain gw gak inget.

Ide cerita dan eksekusi mungkin kaya Love Actually (2004) atau Babel (2006), dimana potongan2 cerita yang tadinya gak berhubungan tapi by the end of the movie ternyata hampir semua potong2an film itu saling berhubungan.

Ceritanya sih standar, semua mengusung tema cinta dimana jelas ditekankan bahwa cinta itu bisa indah, bisa menyakitkan, bisa pahit, bisa bodoh, bisa butuh pengorbanan besar2an. Tapi intinya, lo harus punya cinta untuk melalui cobaan2 yang ada. Dan by the end of the day, kalo lo percaya sama cinta, you’ll get through all of your obstacles perfectly. Tai banget kan tuh hehe! Sound cliché and cheesy, tapi menurut gw ini malah jadi plus side-nya. Ceritanya membumi, sebagian dari kita pernah mengalaminya, dan cerita2nya juga menyangkut gak melulu cerita cinta yang menyangkut ABG dan generasi yang seumur atau di atasnya, tapi juga dari generasi-generasi yang udah hampir lewat masanya *ngerti kan maksud gw hehe*. Sebenernya gw pingin banget cerita detail semua cerita2nya, saking gw seneng banget dengan tipe2 ceritanya yang berbeda satu sama lainnya, tapi ini kan review bukan spoiler hehe.

Plus side-nya lagi, eksekusi dari film ini bener2 bikin nyes nyesss gimanaa gitu. Eksekusi sederhana, gambar & sinematografi gak terlalu dibuat2, tapi juga gak keliatan kurang dana. Trus juga dari detail2 yang ada. Akhirnya gw gak tahan nih buat cerita detailnya, so allow me to elaborate one of the scenes:

Cewe: Kamu gak punya cewe ya?

Cowo: Hmm? Gak punya. *singkat, datar jaya*

*Cewe sambil ngliat si cowo yang sibuk ngasih makan ikan. Akuarium sederhana, ikan cuma sedikit, tapi keliatan banget kalo si cowo terus telaten ngurusin ikannya karena terbukti dari jernihnya air*

Cewe: YEEE, pantes aja gak punya cewe, kerjanya ngurusin ikan terus siiih!

Adegan berhenti di situ, kemudian lanjut berpuluh2 scene & dialog lain. Sampai singkat cerita, si cowo & si cewe pacaran juga akhirnya, dan tebak apa yang di shoot secara close up tapi gak banyak yang ngeh??

Yak, gambar si ikan dan akuarium! Dengan kondisi air yang KERUH karena si cowo udah sibuk ngurusin pacarnya yang baru (yang tentunya bagian yang digarisbawahi gak dijelaskan di film)! Gila banget gak tuh detailnya?

Huuuu gw dan pacar sampe termehe2 pas ngliat adegan ini!

Terus2.. apalagi yaaaa… banyak deh adegan2 yang gw ngebayangin ini sebenernya adegan bahaya, dalam artian, kalo adanya di sinetron pasti jadi naas banget noraknya minta ampun. But then again, film ini secara pintar mengeksekusi bagian2 ini secara tepat dan gak overdo, gitu. Bah macam expert ajahlah gua ngomongin teori2 hihihihi =P

Belom lagi dialog-dialog yang bikin termehe2 karena dalem bener di hati *tsah tailah*. Intinya gw dan si partner menangis di tengah film karena sedih, dan termehe2 di akhir film karena terharu. Ah senangnya punya partner yang bisa diajak mengharu biru seperti ini!

Huuuu gila banget nih film. Nendang gilak. Mantap!

Satu2nya yang mengganggu dari film ini adalah sebagian besar audience-nya: para ABG2 bau matahari yang berisik setiap ngliat Darius tersenyum manis dan Luna Maya yang tersenyum manja kepada Darius. Trus respon ABG yang gak banget pas ngeliat salah satu tokohnya collapse di halte bus. Kenapa sih ABG jaman sekarang itu sebegitu mengganggu? Ngehe bener. Anyway enuf about marah2 sama ABG, udah cape juga. Balik ke bukti lain kalo gw sama sekali gak nyesel nonton film ini?

Gw sampe beli OST-nya, dan nanti kalo DVD aslinya keluar gw pasti akan beli lagi.

Hidup film Indonesia yang bukan horror dan bukan mutu sinetron!!

3 comments:

Anonymous said...

Huaahh... Pengen banget nonton film ini kemaren itu... Tapi berhubung beberapa hari setelah di release gw harus balik ke Aust yaaaa ga sempet deh.... Jadi, beneran bagus neeehhh?? Ntar klo DVDnya kluar aja deh blinya =P

Murte said...

hah? bagus? emang iya ya? tapi kok kalo di liat dari cover depan dan judulnya ga menarik untuk di tonton ya? jadi penasaran guwe ! tapi rencana guwe minggu2 ini kayanya nonton ayat2 cinta dulu de..hahah

Anonymous said...

setuju jung....
gambarnya mang bagus bener.
tp emang sih ada hasil editan yg pas kereta dua biji jalan bareng trus castnya di tengah2 berpelukan (*gaya2 si teletubies* huehehehe) waks itu buatan alias gambarnya ditumpuk tp still itu bagus klo menurut gue.
btw ayat-ayat cin udah belum jung?

-tutut-