Sunday, July 01, 2007

a must see: transformer

gw sering suka sama film2 yang diangkat dari komik. catet, komik dan bukan novel. kalau novel, udah berkali-kali gw dikecewakan sama si pembuat film. biasanya, gw akan bilang, "haah, kok kerenan di novel yah?", begitu selalu kata gw. dan tiap gw cerita ke ibu gw, ibu gw yang bijak nan rupawan itu selalu juga bilang, "yaah, nama film interpretasi mi, pasti kan beda-beda tiap orang. dan gak pernah ada yang bisa menggagalkan dan membatasi imajinasi seseorang. kalo film kan terbatas faktor ini itunya, terutama waktu."
i couldn't agree more with me mom.

nah, beda ceritanya kalo film yang diangkat dari komik. briefly speaking, gw lebih sering puasnya daripada kecewanya. yah, walaupun gak semua batman series gw suka, dan spiderman juga, tapi gw selalu suka xman, some of batman series dan spiderman 2.
sedikit analisa mengenai kenapa menurut gw komik lebih gampang memuaskan, karena kalo lo baca komik, you've already had the slightest idea about how the main character looks like. plus the setting. ergo, you KNOW the condition. karena lo udah disuguhkan oleh si pembuat komik. tinggal baca, jadi. imajinasi gak terbang sebebas kalo lo baca novel.

nah, menurut gw yang gaptek sejagad raya ini, sangat mudah untuk menjadi puas saat ada komik yang dijadikan film. karena apa? simpel, karena pembuat film pasti mau filmnya lebih hebat dan serba canggih dari komiknya, dan dengan jaman semua serba CG *ehem2 buat yang lebih gaptek dari guah, CG is computer graphic =P* begini, pastilah mereka akan full throttle mengerahkan semua keahlian teknisnya ke film tersebut. liat aja gimana spiderman bisa gelayutan dengan detail begitu, naik turun semua gedung yang ada di NYC. dan temen gw yang di NYC bilang situasi NYC emang digambarkan detail banget di film itu *dont ask me, gw mah gak ngerti heuheuheu*. hebat banget kan? belom lagi batman dengan segala teknologi batmobile-nya bisa bikin *gw* nganga2. canggih dah.

tapi kemaren, and i swear this doesn't happen so often, gw nonton film sampe bener-bener amazed dari awal sampe akhir film. transformer. sekarang gw tau kenapa orang-orang sampe nungguin film ini segitunya, dengan gembar gembor pre-movie yang segitunya juga. TRANSFORMER, everyone, is a really must see movie this week. harus harus harus.

kalo lo tanya kerennya kenapa, gw juga gak tau. one thing i know, i would surely say, " hampir semuanya keren. dari awal sampe akhir". dari bagian awal baru2 munculnya musuh2 si jagoan, cara mereka nyerang orang2, berantem sesama robot, berubah dari mobil ke robot and vice versa, komunikasi robot-manusia, dialog antar robot yang kocak-kocak, hampir semuanya memorable. keren bangetttt..

satu hal kenapa gw bilang "hampir" semuanya keren adalah, kayanya lagi2 *cough* amerika si sok jagoan perang dan polisi dunia *cough* pingin banget nunjukin ke dunia kalo mereka punya semua senjata dan orang2 handal pembuat keputusan untuk menjaga dunia ini dari hal2 berbahaya. macam apapun bahayanya, you name it, mereka pasti bisa jaga dunia ini. yeah, rite, america. watching this film is like there's somehow unwritten message can be read all thru the film. the message is clear, "dont mess with us. signed, america". unless there isn't any optimus prime in this world.

watching this film makes me thinking, segitu pinginnya ya orang amerika pingin maintain propaganda yang udah mereka established sekian lama untuk tetap menjadikan amerika polisi dunia? karena film ini bukan pertama yang memuat pesan itu. inget di salah satu adegan spiderman 3 dimana spiderman berdiri di depan bendera amerika? its like saying, "dont worry america, spiderman got you". dan berpuluh2 film lainnya yang gak kepikiran sekarang, tapi gw yakin banget memuat pesan yang serupa. yang jelas, pesan kaya gini berasa banget sekarang2 ini, di saat memang us government has lost its own claw, even in front of its own citizen. berapa banyak orang amerika yang percaya kalo iraq invasion is the most stupid solution in the world? i dont have the figure with me, but ill be more than happy if someone has one.

nah, kembali lagi, gw jadi penasaran, apakah sebelum film dibuat, semua orang yang terlibat di proses brainstorming film itu dipanggil oleh, say, department of propaganda? or department of american pride? can't stop laughing imagining what the dialogue would look like. is it, "hi spielberg, i know you need money to make this expensive as hell film. i tell you what, why dont i give you all the money you need, but you must include ALL of our programs in your film? you know, the one with the best of the best american loyal soldier, plus with all the weapons and planes and amunitions we have? please make it thrice better than what we have now. and also, dont forget to make chinese, koreans, and russians always the bad people. understand? cool. oh, japanese? nooo, the japanese are nice. cuz we ARE using their character, remember? but next time will be OK, cuz we gonna make indonesian character next. gatotkaca, allrite?"

but, apart from that, ooh i luv this part. the word is out, transformer is a must see movie! selamat menganga takjub deh kalo nonton film ini.

4 comments:

Anonymous said...

inget di salah satu adegan spiderman 3 dimana spiderman berdiri di depan bendera amerika? its like saying, "dont worry america, spiderman got you". ---- hahaha! tau banget scene yg mana tuu. one of the lamest scene ever di spidey 3. dan smua orang bilang, thats the best spidey movie ever? gw ketawa ngakak2 disaat orang2 se-bioskop nganga. bleh

eh, batmobile sama knight rider canggian mana jung? mwahaha. abis nonton david hasselhoff biography di tv kmaren. LOL

avianto said...

Hmm. Did you notice that ALL the military vehicle (aircraft, tank, etc) are the enemies (Decepticons) in Transformer movie? Even the police car is the enemy.

Did you think those 'coincidences' tell you otherwise?

orangcurhat said...

hahaha..
tenang2... i'll watch this movie for sure..

Anonymous said...

kagak pecaya gue emak lo manggil elo "mi" biasanya kan "put".. haha,

anyways, mnrt gue sama jung ni film OK berat! tapi kok yaa menjual mobil2 GMC banget!! Marketing pinter nohhh... haha, lo tonton skali lagi dah.. isinya mobil amerika semua.. mana mobil bikinan indo-nyaa?? (loh??!)