Monday, November 01, 2004

gila.. ini super gila

gw baru aja baca di kompas, kalo (sekali lagi) ada kecelakaan di pintu lintasan KA bintaro. jujur, gw gak kaget. karena gw tinggal di deket situ, dan gw gak tau udah berapa kali itu pintu lintasan makan korban. ada yang anak kecil lagi nyebrang, ada yang pake becak, sampe mobil dan angkot. ngeri banget.

yang bikin gw bingung, kenapa orang2 situ gak mau ngebangun pintu lintasan yang agak permanen yah? ini, dari jaman gw kecil, lintasannya tu pas bgt di tikungan jalan, dan banyak pohon2 gak jelas gitu. ergo, KITA GAK BAKAL TAU KALO ADA KA YANG BAKAL LEWAT.

yang parahnya, pintu lintasan itu kadang2 dijaga, tapi lebih sering enggak. ngeri banget. belum lagi di daerah menuju relnya itu, aspalnya gak rata, which is bisa ngebuat jalan mobillo tersendat2. dan dengan keadaan bintaro yang macetnya udah terkenal sampe sejagad raya itu, bukan gak mustahil kalo lo lagi macet2, trus lo gak tahan antri lama2 buat nunggu KA lewat dulu. jadi begitu ada space kosong di deket rel, lo langsung majuin mobil lo. bayangin kalo lo udah maju, tapi blum sempet nglewatin relnya itu, tiba2 mesin mobillo mati gara2 jalanan yang rata, dan lo liat kanan atau kiri, YANG ADA CUMA KA YANG KENCENG BGT?? god forbid.

tapi ini belum apa2 kalo lo denger yang ini. PINTU LINTASAN ITU GAK ADA PALANGNYA.

artinya, setiap lo lewat situ, lo gak bakal tau nyawa lo bakal ada atau enggak sampe di seberang. gw tau, yang namanya nyawa gak bakal bisa ditawar2. tapi ini bukan masalahnya. masalahnya kenapa gak ada pihak yang ngerasa bertanggung jawab buat, at least, nyediain palang. masayarakat gak minta banyak kok, gak minta pintu lintasan yang beton2 atau bangunan yang megah. gw percaya, yang orang sekitar situ minta tuh paling pintu palang yang permanen, dan penjaga yang selalu ada.

gak kaya gini, gila ya, udah kejadian kaya gitu berulang kali, yang memakan korban banyak, itu orang2 masih aja salah2an soal siapa yang harus bertanggung jawap buat nyediain fasilitas itu. UDAH GILA.

si penjaga bilang kalo dia udah narik TALI PLASTIK biar mobil naas itu gak maju. GILA APA PINTU LINTASAN DIJAGA PAKE TALI PLASTIK?? ughh..
si pejabat KA bilang itu bukan salahnya dia, itu sebenernya salah si pengembang lokasi perumahan, harusnya mereka yang nyediain fasilitas lintasan KA yang baik.
seperti biasa, si pengembang gak ada komentar. hahaha..

sampe kapan kita mau kaya gini? sampe kita udah biasa ngedenger berita ini? sampe kita gak peduli lagi? have a lil thought about that, will you?

No comments: