Friday, September 18, 2009

Happy Idul Fitri

Gw sampe kantor kepagian. Men, gokil. Gw bangun aja udah kesiangan, plus belom cuci piring. Untung gw punya suami bionikman, jadi gw mandi, dia pun cuci piring hehe. Tapi tetep aja, kita berangkat jam 8 kurang 5. Udah tau sih gak macet, karena kita berdua adalah sedikit orang kurang beruntung dalam bekerja, alias kantor masih ngotot nyuruh masuk hari Jumat begini. Tapi ternyata, jalanan diluar perkiraan. Ternyata, sepi banget. Asli. Masa jam 8.10 gw udah rapi jali di meja gw? Hence perjalanan cuma 10-15 menit. Kwak waaaw.

Sampe kantor kepagian, gw akhirnya baca Kompas E-Paper. Gak tertarik sama headline yang konon katanya Noordin M Top mati, langsung ke bagian favorit dari Kompas, yaitu surat pembaca sama kolom opini. Trus gw baca deh tu Lebaran Yang Mahal-nya Indra Tranggono. Dan langsung tertohok.

Di essay itu dibilang betapa Lebaran tiap tahunnya tambah mahal. Makna Lebaran yang tadinya adalah kembali ke fitrah, kembali ke kesucian, berkumpul bersama keluarga, sanak saudara dan lain-lain, sudah bergeser. Bergeser ke arah konsumerisme, dengan kapitalisme sebagai agamanya. Ritus social-budaya telah digantikan oleh ritus ekonomi-kapitalis. Gak percaya? Liat ini:

-Tiap tahun harga kebutuhan pokok Lebaran, semakin naik. Dari yang kisaran 20-30% beberapa tahun lalu, tahun ini bisa sampe 50-100%. Itu baru ngomongin gila dan daging sapi, belom ngomongin sembako komplit.

-Kebutuhan orang akan ‘kebutuhan Lebaran’ juga semakin melebar. Dulu jaman gw kecil, nyokap gw selalu bilang kalo baju lebaran baru itu gak selalu penting. Dulu gw mikirnya emang gak mungkin juga nyedian baju lebaran baru untuk semua orang di rumah gw, karena emang jumlahnya banyak banget. Having 5 children (5 demanding ones!) bener2 menguji mental ekonomis bokap nyokap gw-lah hehe. Tapi ternyata yang nyokap gw tekenin itu adalah, Lebaran adalah untuk berbagi. Berbagi waktu dengan saudara dan keluarga yang sehari2 udah jarang ketemu, dan kalau ada sukur2 lebih, berbagi dengan yang kurang beruntung. Tapi sekarang? Semua orang berpikir gimana caranya menghabiskan THR, sebagian besar untuk dirinya sendiri. Bahkan beberapa hari lalu gw denger HRFM pagi2 di segmen Financial Clinic, sebagian SMS yang masuk udah bercita2 ngabisin THRnya untuk liburan, DP apartment, beli kamera canggih, ngelunasin utang kartu kredit yang udah berlangsung bulanan, dan lain-lain. Semua mall berlomba-lomba bikin diskon Lebaran, bahkan ada yang sampe midnite sale segala. Gila dah. Kantor gw yang diapit beberapa mall selalu ketiban macetnya, apartment gw yang ngelewatin ITC juga jadi susah, karena mau pulang aja kok ya musti macet2an sampe jam 11 malem? Huhu.

There, sedikit dari banyak contoh2 yang bisa lo liat sendiri di sekelilinglo. Gw gak berani men-judge seperti apa mereka seharusnya, hell, I splurged my THR on stuffs juga gitu. Tapi one thing for sure, ada baiknya kalo kita semua menjadikan Lebaran ini bener2 hari special untuk keluarga dan saudara. Aah who am I to talk, anyway.

Have a super blessed Idul Fitri, everyone! Maaf lahir batin.
Blessed Pocoyo for always be there.



No comments: