Wednesday, December 08, 2010

sunday jazz, what sunday jazz?

ive been too many concerts and music events. sumpah bukan nyombong bukan pamer, tapi dari beberapa observasi panjang, bisa dibilang gw udah tau seluk beluk untuk pergi ke konser.
dari persiapan awal (beli karcis), sampe persiapan pada hari H-nya, bisa dibilang gw udah cukup faham. termasuk perkiraan waktunya, mulai dan selesai.

nah, minggu lalu, gw diajakin ndon untuk pergi ke event LA Lights Menthol, called sunday jazz festival. venue: segarra, ancol. waktu: minggu siang/sore sampe selesai. acara ini agak susah di google, akhirnya gw dapetlah link facebooknya, masih dari si ndon. pas liat rundown, lumayan ada beberapa nama yang emang pingin gw tonton. to name a few (not in the order enthusiasm level) : maliq & d'essentials, the groove, RAN, sandhy sandoro, momento, mike's. oie, matt bianco. sama anton-future 10. di rundown, tercatat acara mulai jam 3.30ish. format acara semacam kaya javajazz tapi versi mini, hanya ada 2 panggung. i dont mind at all dengan konsep seperti itu. gw juga gak keberatan mereka naro artisnya yang semakin gw pingin adalah semakin malem. ya iyalah, wong selera gw mainstream banget, pastilah yang mau gw tonton adalah band yang orang lain pingin tonton juga hehe.

what i really do mind is..

time management! asli, by far, i repeat, by far, this event holds my personal record of having the WORST time management ever. di rundown, acara mulai jam 3.30. biasalah, yang agak kurang ngetop ditaro sore2. gw bisa ngerti kalo yang namanya konser pasti mundur waktunya. pasti adalah kendala teknis sana sini. kadang faktor cuaca juga megang peranan penting. nah, faktor kedua inilah kayanya yang ngebuat semua persiapan molor gila2an. sore itu, gw sampe di segarra sekitar jam 6an. cuaca masih rintik2 gitu, dengan angin yang lumayan bikin masuk anying seger. nothing much, gak perlu berpayung heboh gitu, gw aja cukup tutupan syal juga udah baik2 aja. pas sampe ke dalem, ketemulah dengan beberapa sodara si ndon.. dan mereka bilang, "acaranya baru aja DIMULAI". di sini gw mulai agak bingung. alasannya adalah karena ujan. tapi, bukannya harusnya panitia udah siap dengan kemungkinan ujan ya, given the fact that jakarta's weather lately have been quite rainy windy and all? contoh dong rockingland oktober lalu, mereka tetep sesuai jadwal, dengan keterlambatan yang sangat bisa ditolerir, yaitu maksimal 15 menit? i think die hard fans wouldnt mind nonton band favoritnya becek2an (walau abis itu sibuk beli aqua banyak2 cuma buat cuci kaki heheh) & berpayung ria deh. my point is, udah tau line up-nya banyak, harusnya mereka sadar dong, keteteran di satu segmen waktu akan membuat kekacauan lainnya.

hyak, di situ ekspektasi gw ngedrop. jam 6.30, dan mereka baru mau mainin band yang jatahnya jam 4 soreeee? apa kabarnya band2 yang mau gw tonton? mulai manyun.
kemanyunan kedua, OK-lah acara molor (molor parah 2 jam, btw), tapi seenggaknya, setiap pergantian artis harus smooth dooong! ini nggak loh, pas RAN mau manggung aja, crew mereka masih sibuk bawa2 peralatannya kesana kemari, trus semacam ngetes2 soundnya gitu! wtf, arent they suppose to do it during checksound?? jadi, bisa kebayang kan, dengan line up yang gak sedikit itu, berapa waktu yang kebuang hanya untuk ngetes sound sana sini, bawa alat kesana kemari, dan hal2 teknis itu? emang sih, idenya udah bener, setiap pergantian artis di main stage, ada MC yang bridging antara satu artis dengan lainnya, plus ada DJ2 yang ngiringin. IMHO, super FAIL. kenapa? karena MCnya sok asik & more into annoying rather than bikin kita sabar. plus the DJ, oh dont mention it. eh maap, maksud gw, bukan salah DJnya.. tapi, lagi2 yang bikin gatot alias gagal total adalah kualitas suara yang dihasilkan dari speaker deket DJ booth situ tuh. gede badan doang tu speaker, tapi sound bass-nya antara ada dan tiada. perasaan ombak & angin ga gede2 amat deh, tapi soundnya ilang timbul ilang timbul. another FAILURE.

juara FAIL didapat dari.. harga makanan & minuman. oh ive been to concerts where they charge us 20K for a bottle of frikken mineral water, tapi SANDWICH 40 ribu rupiah? Spaghetti 65 ribu rupiah? man u gotta be kidding us, right.

temen gw yang kerja di djarum dengan entengnya bilang, "ya that what makes them rich people huh?" maksudnye, kalo lu mampu beli tiket event kaya gini, tentunya mampu dong beli makanan harga segitu? i tell you what, alhamdulillah emang mampu, tapi gak gitu dong caranyaaa, mentang2 orang mampu terus dihajar secara gak wajar gitu? mending kalo eventnya smooth sailing dan menghibur.

akhirnya karena gondok, gw & partnerboi sukses pulang jam 10.30, dan jam 11 udah nangkring duduk manis di rumah. ndon yang masih ngotot mau nonton acara akhirnya pulang jam 12.30, & guess what, maliq & d'essentials hadnt even perform yet! mau jadi apaa, rave party juga kagak tapi mau nahanin kita sampe subuh?

No comments: