Sunday, April 05, 2009

Anja Garbarek (a very nice post by Partnerboi)


Briefly Shaking , emang judul yang cocok untuk album ini. Dirilis pada tahun 2006, oleh penyanyi kelahiran norewgia yang kebetulan kita baru tau dan coba untuk dengerin. Kita tau album ini dari kompilasi LateNightTales - Nouvelle Vague, dan berlanjut untuk menyimak lebih lanjut.

Anja's music mungkin bisa dibilang gabungan dari Bjork's Vespertine album dan sedikit Portishead, a well blend of trip-hop-electronica, a typical of Euro electronica scene. Agak susah (bener) dengerin track di album ini, mungkin musti dengan pemahaman, pengulangan, mimpi dan harapan yang tinggi. Track "Last Trick" yang jadi andalan album ini sekilas terdengar seperti Cardigans sound , with darker soul. Again, begitu lebih dalem, kita makin terjun ke dalam jurang kegelapan :) Track lainnya yang menurut gue cukup seru disimak "Can I Keep Him?" tentu aja dari judulnya udah bisa ditebak lagunya tentang apa. Seperti tema di dalam album ini yang mostly tentang love lost - and the one we missed alot. Oiya, ditengah lagu ini dimana kita mungkin lagi dreamy-dreamy gimana gitu tiba-tiba ada sentakan synth, yang seakan bikin loe jadi terjaga dan berteriak : "Hey wake up! This is not just a dream, this is real, and yes it hurts!"

Album sebelumnya yang di rilis 2001 "Smiling & Waving" (cukup lama yah) , ini menurut gue lebih sadis lagi. Lebih minimalis, bener-bener dream-pop-synth. Sedikit cello, sedikit piano dan sedikit synth sebagai latar belakang yang memberikan nuansa Gothic hiii..seperti track "Diver" yang bakal membuat loe kali ini teperosok lebih jauh lagi.

At the end, untuk nuansa yang beda dikala lagi suntuk sama lagu-lagu yang ada di pasaran, berbelok dari mainstream dan sedikit bermimpi sambil menikmati sel-sel otak bekerja won't hurt you kok.

Happy Dreamy!

-R-

No comments: